Ahmed Deedat

Biografi Syekh Ahmed Hussein Deedat

Debat Islam Debat Ahmed Deedat 300x212 Ahmed DeedatAhmed Hussein Deedat (lahir 1 Juli 1918 – meninggal 8 Agustus 2005 pada umur 87 tahun) adalah seorang cendikiawan Muslim dalam bidang perbandingan agama. Ia juga merupakan seorang pengarang, dosen, dan juga orator. Ia dikenal sebagai salah satu pembicara handal dalam debat public tentang masalah keagamaan. Pada 1957, Deedat bersama dua orang temannya, mendirikan Islamic Propagation Centre International (IPCI) dan ia menjadi presiden hingga 1996.

Salah satu tokoh yang paling menonjol & dikenal di sektor Dawah global dalam 50 tahun terakhir atau lebih sebagai diragukan lagi Shaikh Ahmed Deedat. Dia telah mendedikasikan lebih dari 40 tahun hidupnya menyajikan Islam, terutama untuk non-Muslim di seluruh dunia, menerbitkan lebih dari 20 buku dan menyebarkan berjuta-juta salinan gratis ini.

Dia yang telah menyampaikan ribuan ceramah ke seluruh dunia dan berhasil melawan beberapa penginjil terkemuka di dunia pada debat umum. Beberapa ribu orang telah masuk Islam melalui Berkah Allah dan sebagai hasil dari upaya ini. Dalam sebuah penghormatan yang pas atas prestasi ini, ia dianugerahi penghargaan Raja Faisal Internasional pada tahun 1986, sebuah pengakuan bergengsi dari nilai upaya dakwah di dunia Islam.

Masa kecil
Ahmed Deedat lahir di daerah Surat, India, pada tahun 1918. Ia tidak dapat hidup bersama ayahnya sampai tahun 1926. Ayahnya adalah seorang penjahit yang karena profesinya hijrah berimigrasi ke Afrika Selatan tidak lama setelah kelahiran Ahmed Deedat.

Debat Ahmed Deedat Ahmed DeedatTanpa pendidikan formal dan untuk mencari kehidupan yang lebih baik, Ahmed Deedat pergi ke Afrika Selatan untuk dapat hidup bersama ayahnya pada tahun 1927. Perpisahan Ahmed Deedat dengan ibunya pada tahun kepergiannya ke Afrika Selatan menyusul ayahnya tersebut adalah saat terakhir ia bertemu ibunya dalam keadaan hidup, karena ibunya meninggal beberapa bulan kemudian.

Di negeri yang asing, seorang Deedat yang baru berusia 9 tahun tanpa berbekal pendidikan formal dan penguasaan bahasa Inggris mulai menyiapkan dirinya untuk dapat beradaptasi dan bersaing dengan kehidupan baru di koloni Inggris tersebut.

Dengan ketekunannya dalam belajar, Ahmed Deedat tidak hanya dapat mengatasi hambatan bahasa, tetapi juga unggul di sekolahnya. Kegemaran Deedat membaca membantunya untuk mendapatkan promosi hingga ia menyelesaikan standar 6. Kurangnya biaya menyebabkan sekolahnya tertunda dan di awal usia 16 tahun untuk pertama kalinya ia terpaksa meninggalkan sekolahnya untuk sementara dan bekerja dalam usaha retail (eceran).

Yang terpenting dari ini semua adalah pada tahun 1936 sewaktu Ia bekerja pada toko muslim di dekat sebuah sekolah menengah Kristen di pantai selatan Natal. Penghinaan yang tak henti-hentinya dari siswa misionaris menantang Islam selama kunjungan mereka ke toko menanamkan tekad pada dirinya untuk mendalami agama Kristen dan membandingkannya dengan Islam.

Debat Islam Profil Ahmed Deedat Ahmed Deedat

Mempelajari Alkitab
Ahmed Deedat menemukan sebuah buku berjudul Izharul-Haq yang berarti mengungkapkan kebenaran. Buku ini berisi materi debat dan keberhasilan usaha-usaha umat Islam di India yang sangat besar dalam memberikan argumen balasan kepada para misionaris Kristen yang melakukan misi penyebaran agama Kristen dibawah otoritas Kerajaan Inggris dan pemerintahan India. Secara khusus, ide untuk menangani debat telah berpengaruh besar dalam diri Ahmed Deedat.

Debat Ahmed Deedat 2 300x221 Ahmed DeedatBeberapa minggu setelah itu, Ahmed Deedat membeli Injil pertamanya dan mulai melakukan debat dan diskusi dengan siswa-siswa misionaris. Ketika siswa misionaris tersebut mundur dalam menghadapi argumen balik Ahmed Deedat, ia secara pribadi memanggil guru teologi mereka dan bahkan pendeta-pendeta di daerah tersebut.

Keberhasilan-keberhasilan ini memacu Ahmed Deedat untuk berdakwah. Bahkan perkawinan, kelahiran anak, dan persinggahan sebentar selama tiga tahun ke Pakistan sesudah kemerdekaannya tidak mengurangi keinginannya untuk membela Islam dari penyimpangan-penyimpangan yang memperdayakan dari para misionaris Kristen.

Debat Ahmed Deedat 3 300x215 Ahmed DeedatDengan semangat misionaris untuk menyebarkan agama Islam, Ahmed Deedat membenamkan dirinya pada sekumpulan kegiatan lebih dari tiga dekade yang akan datang. Ia memimpin kelas untuk pelajaran Injil dan memberi sejumlah kuliah. Ia mendirikan As-Salaam (Kedamaian), sebuah institut untuk melatih para da’i Islam. Ahmed Deedat, bersama-sama dengan keluarganya, hampir seorang diri mendirikan bangunan-bangunan termasuk masjid yang masih dikenal sampai saat ini.

Ahmed Deedat adalah anggota awal dari Islamic Propagation Centre International (IPCI) dan menjadi presidennya, sebuah posisi yang dipegangnya sampai tahun 1996. Ia menerbitkan lebih dari 20 buku dan menyebarkan berjuta-juta salinan gratis. Ahmed Deedat mengirim beribu-ribu materi kuliah ke seluruh dunia dan mendebat pengabar-pengabar Injil pada debat umum. Beberapa ribu orang telah menjadi Islam sebagai hasil usahanya.

Sebagai penghargaan yang pantas untuk prestasi yang bersejarah itu, ia mendapat penghargaaan internasional dari Raja Faisal tahun 1986. Penghargaan bergengsi yang sangat berharga dalam dunia Islam.

Akhir Hayat
The Choice Ahmed Deedat Ahmed DeedatDi sisa sembilan tahun usia hidupnya, Ahmed Deedat menjalani rawat jalan terkait penyakit stroke kronis yang dideritanya di kediamannya di Verulam, Afrika Selatan. Pada 8 Agustus 2005, ia meninggal di rumahnya di Trevennen Road di Verulam, provinsi KwaZulu-Natal, Durban. Ia dimakamkan di pemakaman Verulam.

Karya Tulis
Buku The Choice : Dialog Islam-Kristen adalah buku terlaris yang ditulis oleh Ahmed Deedat. Buku ini menyebar luas dari Afrika Selatan hingga ke Eropa, Asia, Oceania, bahkan Amerika Utara dan Selatan.

Dalam buku ini Ahmed Deedat mengupas tuntas perbedaan antara Islam dan Kristen. Ia mengupas habis beberapa kesalahan yang ia temukan dalam Alkitab baik Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru.

Comment

  • Shalih Yusuf

    August 9, 2012 at 5:02 am

    I really like this guy.

  • Mar'atus Sa'diyah

    August 9, 2012 at 7:32 am

    very inspiring…

  • Eka Nvndi

    August 9, 2012 at 7:40 am

    may allah swt accepted deeds and salvation for him until the Day of Judgment.

  • Indra Nicolas

    August 9, 2012 at 9:49 am

    anda mesti membaca karya karya besar nya.

  • Andy Ahmad Fairussalam

    August 9, 2012 at 9:40 pm

    jutaan penerus perjuanganmu di seluruh negeri akan selalu mengenangmu.. perjuanganmu.. ikhlasmu..

  • Muammar Amien Putra Marpaung

    August 10, 2012 at 3:28 am

    Subhanallah..
    Hebat

  • Ram Tuandilimang Simanullang

    August 12, 2012 at 2:53 am

    Subbahanalllah
    luar biasa………..

    • Ram Tuandilimang Simanullang

      August 12, 2012 at 3:11 am

      Satria Juniardi Sinambela,
      Assalamualaikum Wr Wb bapatua…
      molo adong do dapot buku manang video ni Syekh Ahmed Hussein Deedat
      tolong jo diinfohon da bapatua.?
      mauliate
      wassallam…

    • Bond Suandi

      September 26, 2012 at 2:43 am

      youtube.. search ahmad deedat and Dr. zakir naik

  • Bang Soker

    August 29, 2012 at 12:29 am

    the real SUPER HERO!

    • Firnadi Iqbal

      August 29, 2012 at 12:45 am

      yak..aku selalu kagum dengan ilmu yang dititpkan Allah kepada beliau.

  • Aba Jawara

    September 3, 2012 at 12:36 am

    Benarkah Ahmet Deedat "Tukang Hujat"? Coba difikir secara logika, di mana-mana yang namanya penghujat itu identik dengan "kelicikan", lempar batu sembunyi tangan.
    Namun beliau berani tampil dengan gagah & berwibawa dimanapun kakinya berpijak.
    Seorang tukang hujat, niscaya hidupnya senantiasa terancam. Tapi kenyataannya?
    Justru "mereka-mereka"lah yang merasa selalu terancam dengan kehadiran Ahmet Deedat.
    Beliau tiada takut mati, karena beliau berjalan di atas kebenaran.
    Buat seseorang yang merasa mendakwa Ahmet Deedat telah "kualat" karena sering menghujat hingga hari-hari sebelum kematiannya terkesan begitu menyiksa & menyakitkan, ketahuilah…, hal semacam itu bisa saja menimpa pada diri anda kelak.
    Camkan itu!

    • Bebek Kenal Kalie

      September 3, 2012 at 1:00 am

      Oooohhh,,

    • Bayu Hartanto

      September 11, 2012 at 2:32 am

      Setuju Bro,tukang hujat tuh kayak Jimmy Swaggart (lawan debat Deedat) yang akhirnya malah kepergok tranksaksi dengan pelacur setelah menghina Islam karena mengizinkan poligami. Atau kayak Anish Shorrosh (lawan debat deedat juga) yang diringkus polisi setelah membuat Quran palsu.

    • H Mubarak Akhlaken

      September 12, 2012 at 6:58 am

      God Bless Ahmad Deedat

  • Bayu AlikhwanAlmuslimun Fajri

    September 9, 2012 at 6:53 am

    semoga muncul AHMED DEEDAT yang baru….amin……..

  • Ram Exe

    September 12, 2012 at 3:15 pm

    Penggemar beratnya ne , , sblmny blm tahu siapa dia ;dan dri iseng² mencari debat antar agama gtu dpt ahmad deedat.sungguh terkesan. semoga arwahnya slalu dlm naungan Allah SWT dan mendapat rahmatan krna mempertaruhkan hidupny di dunia Islam yahh.

  • Aladin Syeegal

    September 12, 2012 at 6:46 pm

    sama saudara, q pinjam comment-nya ya… Trimss…;
    Penggemar beratnya ne , , sblmny blm tahu siapa dia ;dan dri iseng² mencari debat antar agama gtu dpt ahmad deedat/zakir naik .sungguh terkesan. semoga arwahnya slalu dlm naungan Allah SWT dan mendapat rahmatan krna mempertaruhkan hidupny di dunia Islam yahh

  • Bond Suandi

    September 17, 2012 at 2:35 pm

    ya ALLAH… terima beliu di sisi mu. ampunilah segala dosanya "kalau ada?"

    • Leo Arbi

      September 24, 2012 at 10:38 pm

      Amiinnnn….

  • Aby Keysha Manizt

    September 25, 2012 at 3:03 pm

    subuhanallah semoga beliau di tempatkan di sisi ALLOH SWT.amiin.

  • Wira Tbn

    September 26, 2012 at 7:42 am

    saya suka banger dengan ahcmed deedat..
    dan saya jg sangat suka dengan Zakir.naik..

    • Erry Rheinitta Nalle

      December 31, 2012 at 9:47 am

      AHMAD DEEDAT BUKAN KRN PINTAR TETAPI SAMA SEKALI TDK MENGERTI KRN ISI ALKITAB MENYANGKUT MASALAH ROHANI I KORINTUS 2 : 14.

  • Vita Veziola

    September 26, 2012 at 8:27 am

    tinggal 1 tokoh hebat lagi yg berdebat dg baik seperti beliau yaitu zakir naik yg juga terinspirasi dari beliau, semoga lahir banyak tokoh hebat lagi seperti beliau di bumi ini..

  • Andi FiqRi Muharram Alamsyah

    November 12, 2012 at 2:58 pm

    Salah satu inspirasi umat MusLiM.., Semoga beliau diberikan tempat yg terbaik disisi ALLAH SWT.. AMIEN..

  • Achink Karikatur

    December 18, 2012 at 4:45 pm

    sebenarnya kami melontarkan yg hak kepada yg batil,.
    lalu yg hak itu yg menghancurkannya maka dengan segera yg batil itu lenyap,.
    Maha benar Allah dengan segala firman-Nya,.
    inilah kata2 diatas yg selalu diucapkan beliau ketika memulai cerahmanya,…

  • Anonymous

    December 28, 2012 at 3:25 am

    dh.lubis advokat : smg beliau mendapatkan pahala yang berlimpah dan dilipatgandakan kelak atas ilmu bermanfaat yg diamalkannya, serta dihapus dosa atas lalai dan salahnya , amin ya Rabb

  • Onta Labu Onta Labu

    February 23, 2013 at 2:15 am

    Semoga Ahmad Deedat- Ahmad Deedat (spt Dr. Zakir Naik ) yang lain akan terus bermunculan, insya Allah,,

  • Sanghyang Mughni Pancaniti

    June 28, 2013 at 5:20 am

    Semoga Senyum Tuhan selalu bersama beliau..

  • Hanazawa Rekha Shensei

    June 29, 2013 at 10:44 am

    Orang Kristen gentar menghadapi doi… deedat berbicara atas kebanaran dan menggunakan kitab Kristen sebagai sumber … tokoh2 Kristen ketar ketir menghadapi doi… banyak orang2 luar non muslim akhirnya masuk islam karena debat dan ceramahnya… Deedat pernah menantang Paus untuk debat.. namun ketika doi meninggal sang Paus belum mmberikan respon (takut kali yah)… love ahmed deedat.. amin

  • Saimens Mobil Mobilan

    July 12, 2013 at 6:20 am

    tunduk wer lah =)

  • Sutadi Cah Djogja

    July 14, 2013 at 1:10 pm

    lahirnya seorang ahmed deedat membuktikan bahwa ALlah ingin menunjukan kepada smua umat di dunia ini bahwa islam itu adlah agama yang HAK,,

  • Reksadana Dana

    July 16, 2013 at 5:31 pm

    semoga karya mu dikenang sepanjang masa…

  • Muhammad Saputra

    July 17, 2013 at 2:24 am

    ahmad deedat adalah mujahid dengan senjata pemikiran, dia hanya lulusan SD (kalo di indonesia) tapi berani datang sendiri menghadapi ratusan missionaris kaliber profesor kemudian membuat pertanyaan sederhana dan membuat semuanya terbungkam.

  • Anita Dewi

    July 17, 2013 at 2:49 am

    hwoooww

  • Subhan Alhadi

    July 20, 2013 at 11:04 am

    Erry Rheinitta Nalle anda baru mengerti kalo sudah mempelajari ajaran islam dan sejarahnya…sebagai pembuktian…!!!

  • Haritomi

    July 20, 2013 at 3:19 pm

    dimana bisa kucari..

  • ArIs Sidrap

    July 20, 2013 at 11:17 pm

    سُبْحَانَ اللّهُ

  • Agung Bayu Key

    August 1, 2013 at 3:51 pm

    Al fatihah .. to Ahmed Hussein Deedat . .

  • Nuci Priatni

    August 5, 2013 at 3:23 am

    i love you Syekh Ahmed Hussein Deedat.. semoga ada penerus baru di bumi ini…

  • Abay Jafits KS

    August 18, 2013 at 12:27 am

    semoaga Allah Menempatkan Beliau kedalam tempat yang tinggi bersama Para Nabi dan Rasull Amin….

  • Abay Jafits KS

    August 18, 2013 at 12:27 am

    semoaga Allah Menempatkan Beliau kedalam tempat yang tinggi bersama Para Nabi dan Rasull Amin….

Leave a Comment